Puluhan Dosen UCM Gelar Pengabdian Masyarakat, Universitas Cokroaminoto Edukasi Masyarakat Pesisir Takalar
September 23, 2024 2024-09-23 5:08Puluhan Dosen UCM Gelar Pengabdian Masyarakat, Universitas Cokroaminoto Edukasi Masyarakat Pesisir Takalar
Puluhan Dosen UCM Gelar Pengabdian Masyarakat, Universitas Cokroaminoto Edukasi Masyarakat Pesisir Takalar
Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Laguruda, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Kamis, 19 September 2024.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UCM, St. Zaenab, M.Si mengatakan, lebih dari 40 dosen UCM ikut serta dalam pengabdian masyarakat ini.
“Para dosen mengedukasi masyarakat pesisir dengan pembekalan pengetahuan dan keterampilan di bidang ekonomi, manajemen, perikanan, teknologi pertanian, kesehatan, dan pendidikan agama,” ujarnya.
St. Zaenab menambahkan, pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membantu masyarakat, baik secara individu, kelompok, maupun lembaga.
“Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.
Senada, Rektor UCM, Dr. Lukman Daris mengungkapkan, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen yang tercantum dalam Tridharma Perguruan Tinggi.
“Tridharma dosen adalah tiga elemen utama yang menjadi kewajiban dasar perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.
Kepala Desa Laguruda, Jufri Dg. Ruppa mengapresiasi UCM dan menyambut baik pengabdian masyarakat digelar di desanya.
“Kami bersyukur digelar disini. Ini memberi manfaat pengetahuan bagi kami. Sebagai tuan rumah tentu kami menyambut baik,” ujarnya.
Sementara itu, Dosen Prodi Ilmu Humas, Agung Tanrasula, M.I.Kom mengatakan, potensi perikanan dan pertanian di Kecamatan Sanrobone cukup baik. Berbagai produk olahan dapat dijual dan menjadi nilai tambah ekonomi keluarga.
Namun masyarakat juga perlu memahami pentingnya kemasan dalam komunikasi pemasaran.
“Kemasan yang baik dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk,” ujarnya.
Selain itu, pemanfaatan media sosial seperti facebook akan sangat membantu meningkatkan penjualan.
“Saya pikir, saat ini hampir setiap orang punya hp atau dalam satu rumah cenderung ada anggota keluarga yang memiliki smart phone dan umumnya ada aplikasi facebook dan whatsapp-nya, itu bisa digunakan untuk komunikasi pemasaran agar banyak yang tahu tentang produk yang dijual. Tentu bisa bantu meningkatkan penjualan,” jelasnya.
Tentu saja kampus ini memiliki visi menjadi universitas unggul yang berlandaskan islam, yang mengembangkan sumber daya insani yang berakhlak mulia dan berjiwa kebangsaan dengan mengedepankan ilmu pengetahuan, teknologi dan entrepreneurship.